program menjaga mutu konkurent
Mencuci tangan adalah menghilangkan sejumlah besar virus dan bakteri yang menjadi penyebab berbagai penyakit terutama penyakit yang menyerang saluran cerna, seperti diare dan saluran nafas seperti influenza. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pendidikan ibu tentang teknik mencuci tangan dengan baik di desa Cot Teungoh wilayah kerja Puskesmas Pidie Kecamatan Pidie tahun 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang teknik mencuci tangan dengan baik di Desa Cot Teungoh. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling dengan jumlah 55 responden di Desa Cot Teungoh, pengambilan data dilakukan pada tanggal 18 Agustus tahun 2010. Alat-alat pengukuran data berbentuk kuesioner dengan jumlah pertanyaan 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok ibu yang paling banyak adalah kelompok 20 – 35 tahun, yaitu (69%), tingkat pendidikan ibu yang paling banyak adalah tinggi (56,3%).keterpaparan sumber informasi ibu lebih banyak pada kategori kurang (80%).kategori ibu yang baik tingkat pengetahuan adalah umur 20-35 tahun (38,1%) kategori tingkat pendidikan ibu yang palling baik, tingkat pengetahuannya adalah pendidikan tinggi (38,1%), kategori keterpaparan ibu yang paling baik pengetahuannya adalah kelompok sumber informasi yang kurang berpengetahuan baik sebanyak (40%), kategori tingkat pengetahuan ibu yang berpengetahuan baik sebanyak (51%). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tentang teknik mencuci tangan dengan baik di Desa Cot Teungoh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie tahun 2010 lebih banyak berada pada kategori baik, perlu dikembangkan teknik mencuci tangan penyuluhan pendidik dan kesehatan yang lebih banyak terarah efektif, efisien, menarik, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat
Langganan:
Postingan (Atom)
Resources
Pengikut
Pages
Our Partners
Bookmarks
Mengenai Saya
- ninik
- Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang berpengaruh terhadap perilaku dalam perkembangan anak. Tujuan pendidikan secara universal adalah agar anak menjadi mandiri, bukan hanya dapat mencari nafkahnya sendiri, tapi juga bisa mengarahkan dirinya pada keputusannya sendiri untuk mengembangkan semua kemampuan fisik, mental, sosial dan emosional yang dimilikinya, sehingga dapat mengembangkan suatu kehidupan yang sehat dan produkif.
0 komentar:
Posting Komentar